Panduan Memasang SSL Gratisan untuk Keamanan Website WordPress

Template Landing Page untuk Blogspot

Pada kesempatan kali ini kita akan mempraktikkan Tutorial memasang SSL gratisan untuk keamanan website. Diawali dengan sebuah cerita Beberapa hari yang lalu website ini diserang oleh hacker dari Turki, ya.. memang beberapa bulan sudah kami gak pernah update apapun pada blog ini, mungkin itu alasannya sehingga menjadikan blog ini rawan serangan orang iseng yang cari nama padahal tindakannya merugikan orang lain.

Berawal dari peringatan dari Google bahwa mereka kesulitan untuk mengindex blog ini, maka saya cek, ternyata blog sudah beberapa hari kena menjadikan saya gak bisa masuk kehalaman administrator untuk ngecek kondisi blog, akhirnya dibantu oleh pihak penyedia hosting saya disuruh untuk menginstall ulang lagi WordPress nya pfff… Dengan sabar aku lakukan semua pemulihan dan akhirnya bisa kembali seperti semula.

Kemudian muncul ide bagaimana agar blog ini lebih aman dari sebelumnya, dan ada teman yang berbisik “install free SSL saja” maka dengan semangat 45 langsung saya pasang itu SSL untuk blog ini

Panduan Memasang SSL Gratisan untuk WordPress agar Aman sebagi berikut

Langkah Pertama : kunjungi website penyedia SLL ini Cloudflare.com dan bikin akun disitu

selanjutnya anda akan dibawa ke halaman menambahkan website, pada langkah ini bisa anda lewati, tapi disini saya langsung ini saja biar cepat

akan muncul halaman yang menginformasikan bahwa cloudflare ini sedang melihat DNS website anda, klik Next saja.

akan muncul halaman Select a Plan, yaitu halaman harga dari layanan ini, pilih yang FREE saja ya, kalau anda kaya anda bebas memilih , kemudian klik tombol Confirm Plan.

akan muncul halaman hasil membaca DNSnya, abaikan saja isinya, cari tombol Continue dan klik.

Kemudian anda akan dibawa ke halaman informasi untuk menyuruh anda mengganti Nameservers

untuk penggantian Nameserver ini biasanya dilakukan pada setingan domain anda, jika sudah mengganti Nameservers klik tombol Continue.

Daaaaan…. jreeeng jreeeeeng… anda sudah berhasil mendapatkan SSL gratis untuk website WordPress anda

Jika anda sudah masuk ke halaman seperti diatas itu berarti anda sudah berhasil mendaftar dan mendapatkan SSL secara gratis.

TAPI langkah belum selesai.

Langkah Kedua : login ke dashboard WordPress Anda, dan install Plugin Cloudflare kemudian aktifkan plugin tersebut

Jika sudah aktif masuklah ke halaman setting cloudflare SettingsCloudflare. disini anda diminta login dengan akun cloudflare yang anda sudah mendaftar tadi, jadi login saja.

Baca Juga:  Menambah Field ID Twitter di Author Profile WordPress

Pada halaman login anda diminta memasukkan Email Address dan API Key, nah anda harus pindah halaman ke akun cloudflare anda terlebih dahulu, cari My Profile di akun cloudflare anda, disitu ada API Key, pilih yang Global API Key dan klik tombol View Api Key

jika sudah mendapatkan API Key maka masukkan email dan API Key tersebut ke halaman login plugin cloudflare anda.

jika anda berhasil login maka anda akan masuk ke halaman seperti gambar dibawah ini

Selanjutnya kembali ke akun anda di cloudflare.com bagian Overview, disitu terlihat bahwa domain Aroodam.com sudah aktif.

di halaman ini juga ada bagian Domain Summary, disitu ada Security Level : Medium dan SSL : FULL, nah pada bagian ssl itu klik link FULL kemudian ganti ke FLEXIBLE.

Selanjutnya kita akan menambahkan Plugin WordPress lagi dengan nama CloudFlare Flexible SSL, install plugin tersebut dan aktifkan.

Nah, sampai disini pekerjaan kita untuk menambahkan SSL gratis pada website WordPress hampir selesai..

Langkah Ketiga : menunggu propagasi perubahan Nameservers pada domain tadi, anda bisa cek apakah https nya sudah berjalan atau tidak dengan mengunjungi website anda menggunakan https://aroodam.com jika pada url browser anda muncul icon gembok atau tulisan secure berarti sudah berhasil pakai SSL

tapi jika halaman website anda tampilannya tidak muncul kemungkinan propagasi domain belum selesai, ditunggu saja yah sekitar 1×24 tapi rata-rata sih cepat.

jika semuanya sudah oke dan propagasi domain sudah konek yang nameservers yang baru maka selanjutnya anda install satu lagi plugin WordPress yaitu WP Force SSL  Plugin ini untuk meredirect alamat http:// ke https:// ikuti instruksi pada plugin WP Force SSL ini ya.

Oke, semua proses pemasangan SSL pada website WordPress sudah selesai, semoga website WordPress anda menjadi lebih aman dari sebelumnya.

Selamat Mencoba.

Komentar

comments

grain storage kocaeli escort
%d bloggers like this: