Nurudin Jauhari : Indonesian WordPress Warriors

Nurudin Jauhari

Nama Nurudin Jauhari barangkali sudah tidak asing di telinga kita. Ada banyak cara untuk sukses dalam bisnis di internet diantaranya dengan cara me-monetizekan blog, atau sekedar berbagi Free Themes WordPress
. Karena kerja keras dan niat berbagi itulah, Jauhari begitu produktif membuat WordPress Theme dan dikenal

Silahkan langsung disimak wawancara lengkapnya di bawah ini. 🙂

Sebelum melanjutkan wawancara ini, Perkenalkan dulu dong?

Saya Jauhari anak kelima dari 6 bersaudara, saat ini tinggal di Desa Ponjong, Gunungkidul. Kesibukan saat ini “momong anak” prinsip saya saat ini adalah Nganggur itu Anugerah

Bisa dijelaskan (ceritakan) background dari Jauhari.Net?

Jauhari.NET saat ini lebih ke media saya berbagi dalam hal iOS (iPhone, iPad), Android, Aplikasi2 bermafaat, Tips, Tutorial dan berbagi WordPress Gratis. Web ini lebih ke nuansa mencari rejeki di internet.

Kalau blog pribadi saya biasa berbagi di http://nurudin.jauhari.net, tulisan2 disini lebih bersifat personal (dari sisi penulis)

Apa yang membuat Anda tertarik dan memutuskan menjadi Fulltime Blogger?

Waktu, hal yang tidak bisa kita beli adalah waktu, itulah kenapa saya memutuskan menjadi Fulltime Blogger, karena dengannya saya bisa mengatur waktu lebih baik. Bertemu keluarga lebih banyak. Melakukan hal2 yang dinginkan tanpa ikatan tugas dari atasan.

Sebelum saya memutuskan Fulltime Blogger saya sempat bekerja di orang kurang lebih 5th. Saya rasa itu waktu yang cukup lama. Saya selalu membayangkan kalau setiap hari saya perjalanan pulang dan pergi ke kantor antara 2-4 jam… Selama setaun maka akan ada sekitar 20-30 hari habis dijalan. Belum lagi tuntutan kerjaan kantor yang bagi saya cenderung di forsir dengan hasil yang tidak seberapa.

Lantas apa yang Anda pelajari dari Freelancer itu sendiri?

Kebebasan dalam arti sempit dan luas, Pengaturan waktu dan juga melatih disiplin diri.

Bagaimana strategy yang Anda gunakan untuk meningkatkan “personal branding” Jauhari itu sendiri?

Mulai dengan membuat sesuatu yang bermanfaat dan selalu melakukan perbaikan. Nanti akan ada banyak feedback, Dari Feedback2 ini jadikan acuan untuk melakukan perbaikan selalu

Mengapa Anda bermain di Google Adsense?

Google AdSense adalah monetisasi website yang sudah terpercaya. Dengan dukungan dari Google sebagai pemilik Google AdSense kita bisa menggali banyak informasi karenanya, termasuk bagaiamana meningkatkan pendapatan dari Google AdSense ini.

Apa saja yang dipelajari lewat adsense selama ini? Dan sejauh apa anda memahami dan memanfaatkan ilmu internet marketing?

Sedikit banyak kita belajar SEO (internal dan external) Saya sendiri belum berani menyebut memahami. karena memahami bagi saya adalah kategori expert. Saya masih belajar dan selalu belajar.

Apa yang harus netter lakukan jika ingin memulai monetisasi blog?

Ada pepatah Konten is King. Istilah itu ada benarnya. Kalau benar2 ingin monetisasi blog. Mulailah fokus dan sebisa mungkin jangan mencampur urusan pribadi dalam blog yang kita monetisasi. Kecuali blog yang akan kita monetisasi berhubungan dengan pengembangan diri dan sudah cukup percaya diri menjadikan diri sendiri sebuah contoh nyata.

Sebenarnya Google tidak melarang kita untuk membuat tulisan dengan berbagai niche, asal bisa manajemen dengan baik hal itu tidak masalah. Hal yang utama kalau niat kita Monetisasi Jangka Panjang. Hindari Copy Paste konten orang lain.

Bicara soal niche, sebenarnya niche apa yang cukup menjanjikan untuk blog berbahasa Indonesia?

Monetisasi blog bahasa indonesia saat ini berdasarkan pengalaman pribadi belum begitu menjanjikan. Karena penyedia layanan ini masih terbatas. Walaupun ada beberapa yang sukses. Menurut saya hal2 yg cukup ramai di Indonesia adalah niche buat anak muda, website2 panduan dan tutorial dan download lagu dan video (saya kurang setuju dengan berbagi download lagu dan video karena ini melanggar hak cipta kecuali lagu tersebut memang benar2 gratis)

Bagaimana dengan blog-blog pribadi? Bisakah ikut terjun dalam dunia make money from blogging ini? Kira-kira bagaimana monetisasinya?

Bisa saja. Contohnya layanan IDBlognetwork, layanan ini kadang menawarkan pendapatan dengan berbagai macam program. Tapi kalau saya boleh saran kalau mau monetisasi saat ini lebih baik fokus konten inggris terlebih dahulu.

Sekarang tentang mindset yang benar ketika menekuni aktivitas blogging dan make money from blogging. Menurut Pakdhe Jauhari, karakter mental yang bagaimana sih yang paling berperan dan menentukan kesuksesan untuk make money from blogging?

JAWAB :

Tahan Banting dan Jangan menggunakan cara instan. Bagi saya Instant sukses akan lebih berpeluang untuk install terpuruk, gagal. Jadi lebih baik siapkan mental tahan banting, mulai dari yang kecil dan konstan…. Nanti lama lama akan ketemu ritme yang tepat

Bisakah karakter itu dipelajari? Atau hanya dimiliki orang-orang tertentu saja?

Bagi saya semua ilmu bisa dipelajari, tidak ada kata terlambat. Semua ilmu mencari pendapatan diinternet adalah ilmu yang nyata. Semua ilmu nyata bisa dipelajari. Tingkatkan passion keingintahuannya dan mulailah dari sekarang.

Baca Juga:  Pengenalan Fitur WordPress Terbaru

Lantas Apa sebenarnya kendala terbesar untuk membangun mindset yang benar ini?

Mulailah tanamkan sedari dini, buang jauh2 untuk bekejar di instansi (Perusahaan, PNS) kecuali anda memang berharap menjadi orang gajian.
Bangun mental entrepeneur, netpreneur, freelancepreneur sedari dini.

Tanamkan dihati dan pikiran. Bekerja siang malang untuk bisnis sendiri jauh lebih mengasikkan daripada kerja lembur bertahun2 ikut orang

Sebagai freelancer WordPress Theme Developer, hal apa yang paling Anda sukai? Apa saja tantangannya?

Belajar dan pengetahuan baru

WP Theme yang Pakdhe Jauhari buat. Banyak blogger lokal maupun internasional yang juga mulai menggunakan dan menikmati kelebihan-kelebihan free Themenya. Kalau boleh tahu, sebenarnya bagaimana cerita lahirnya Free Theme ini?

Dulu saya tidak punya ide mau menulis apa, karena saat itu lagi suka bikin2 desain, akhirnya coba bikin dan saya bagikan gratis.

Sejauh ini bagaimana tanggapan dunia blogging terhadap produk Free Theme yang Pakdhe buat?

Namanya barang gratis tanggapan rata2 positif, walaupun tidak semua. Tanggapan Positif maupun Negatif saya ambil kaedahnya untuk perbaikan kedepan.

Ada tips bagi para freelancer yang sedang mengalami tahap pertumbuhan (dari solo menjadi agency) ke Go Pro?

Carilah jati diri desain anda dan kembangkan.

Bisakah Anda berbagi proses desain / alur kerja? Peralatan Apa yang Anda gunakan untuk wireframe?

Saya termasuk desainer wordpress theme yang malas desain menggunakan image/vektor. saya lebih suka menuangkan ide desain langsung kedalam kode. Saya menggunakan tool image/vektor hanya untuk membuat gambar pendukung.

Sehari hari saya hanya menggunakan Firefox, Chrome, CODA, Transmit, TextMate

Bagaimana caranya memperoleh desain yang unik dan memiliki style sendiri?

Melihat lihat karya2 orang, nanti akan ketemu style pengembangan….

Bagaimana sih langkah awal yang harus kita lakukan supaya kita terbiasa mendesain dalam keadaan yang terorganisir (khususnya desain website).

Saya sendiri belum yakin kalau cara saya ini ter organisir 🙂

Dewasa ini masih ada desainer web yang mengabaikan Photoshop sama sekali. Bagaimana menurut Anda?

Tidak menjadi masalah. Karena saya termasuk mengabaikan Photoshop dalam mendesain. Saya gunakan photoshop hanya untuk membuat ornamen dan logo dari website saya 😀

Yang penting bukan alatnya tapi siapa yang menggunakan alat tersebut 😉

Seorang yang “mengklaim” sebagai Developer katakanlah coder/programming, Apakah juga harus peka terhadap desain?

Tergantung. Kalau dia bekerja tim, saya rasa cukup tahu aja sudah cukup

Apa pandangan Anda tentang HTML 5 vs Flash?

Semuanya baik pada kadarnya. Kita tidak usah menuhankan Fitur A lebih baik dari Fitur B. Semua ada porsinya masing masing. Ikuti aja dan Nikmati.

Lalu apakah HTML 5 & Javascript dapat menggantikan Flash?

Belum tentu, tapi ada juga kearah sana. Karena iOS besutan Apple sampai saat ini juga masih anti Flash 🙂

Apa tanggapan Pakdhe Jauhari terhadap perkembangan website semakin lama semakin “menggila” untuk perkembangan codingnya?

Menarik….

Dengan meluasnya penggunaan broadband dewasa ini, apakah kita masih perlu mempertimbangkan berat halaman dan kecepatan loading?

Kalau saya masih perlu. Karena broadband belum menyeluruh. Masih diberbagai negara dan kota

Menurut Anda, (How To) apa cara terbaik untuk menguji kegunaan dari sebuah website itu?

Saya kurang faham kategori menguji ini seperti apa

Bagaimana seseorang bisa menguji kegunaan dari situs web tersebut pada perangkat mobile?

Bisa menggunakan Emulator atau benar2 menggunakan perangkat mobile tersebut

Kira-kira tipe desain web seperti apa yang akan trend tahun ini? Silakan beri juga contohnya jika ada?

Sekarang trend selalu berubah. Dan ukuran tahun menurut saya ukuran yang sangat panjang.

Sedikit lebih luas tentang perkembangan dunia web designer Indonesia. Menurut Anda, Bagaimana keadaanya sekarang (skill & desainnya)?

Sangat maju. Banyak sekali talenta2 baru dan lama yang menghadirkan desain yang tidak kalah dengan desain luar

Saat ini, skill apa saja yang perlu dimiliki desainer agar tetap menonjol dibanding yang lain?

Mau belajar, mau mendengar dan selalu latihan, latihan dan latihan

Pertanyaan terakhir. Bisakah berbagi saran bagi mereka yang ingin mengikuti jejak kesuksesan Anda?

Saya tidak punya resep kesuksesan. Intinya Selalu Ada Proses setiap kesuksesan. Jadi banyak mendengar dan membaca, selalu latihan latihan dan latihan

Terima kasih banyak, atas kesediaan waktu luangnya untuk sabar menulis dan membalas, draft interview dari saya ini…

Sama sama semoga bermanfaat

Mas Jauhari, begitu dia dipanggil, selama ini dikenal sebagai salah satu blogger baik hati yang banyak berbagi WordPress themes gratis. Di dunia blogging internasional, tidak sulit menemukan template buatan Mas Jauhari dengan nama-namanya yang sangat “Indonesia”.

Komentar

comments

DJputri

Mahasisiwi IT, Social Media Junker

grain storage instagram türk takipçi satın al