Membuat Website Multisite Menggunakan WordPress

Seringkali kita ingin membuat sebuah website yang mana didalamnya terdapat banyak website turunan dari website utama, seperti blogger.com, wordpress.com dan lain sebagainya. Apakah membuat website seperti itu mudah atau justru ribet harus membangun website dari awal, programmingnya susah?

WordPress bisa melakukan itu, kita bisa membangun website multisite dihosting kita sendiri, untuk wordpress versi terbaru hal ini sangat mudah diinstall.

Ada 2 metode dalam multisite ini, yaitu menggunakan domain.com/site1 atau site1.domain.com. metode pertama multisite nantinya berupa sub-folder sedangkan metode kedua berupa sub-domain. kita tinggal pilih ingin menggunakan cara yang mana.

Untuk metode kedua yaitu sub-domain,metode ini membutuhkan setting wildcard pada domain kita (lihat Wildcard.)

Instalasi WordPress Multisite/Network

Langkah pertama, cari file wp-config.php dan tambahkan code dibawah ini, letakkan diatas baris : /* That’s all, stop editing! Happy blogging. */:

define('WP_ALLOW_MULTISITE', true);

Selanjutnya kita menuju Administration > Tools > Network, Jika menu Network belum ada, berarti langkah pertama harus di ulang, jangan lupa di upload keserver.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Fitur Post Thumbnail Images di WordPress

Pada menu Network tersebut terdapat langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Pertama : Buatlah folder blogs.dir di dalam /wp-content/. Folder ini nantinya berguna untuk menampung file yang diupload oleh website.
  2. Kedua : Anda diminta untuk memasukkan code ke file wp-config.php, code lihat di menu network.
  3. Ketiga : Anda diminta untuk memasukkan code ke file .htaccess, code lihat dimenu network.
  4. Setelah langkah diatas selesai semua, kita tinggal login lagi, dan wordpress multisite sudah bisa digunakan.

Untuk konfigurasi Network Admin terdapat pada kanan atas Dashboard Anda

Sekarang Anda sudah bisa membuat website multisite & jika dikembangkan maka akan menyaingi si blogger.com atau wordpress.com itu sendiri 🙂

Selamat Mecoba!

Komentar

comments

zulsdesign

Seorang Web Designer, Web Developer, Wordpress Development dan independen Blogger. Spesialisasi Personal Branding. Selalu haus akan ilmu tentang perkembangan dunia Web Design, Social Media, Online Marketing. Kadang-kadang juga berprofesi sebagai konsultan Website dadakan :)

grain storage instagram türk takipçi satın al