Membuat Blog WordPress Dua Bahasa

Mempunyai blog yang bisa support banyak bahasa memang sangat membantu blog kita go internasional. anggaplah blog kita mempunyai dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (internasional) secara mudah blog tersebut akan mudah dibaca & dimengerti oleh pembaca diluar negeri.

Membuat website atau blog dua bahasa di wordpress sangat mudah, tidak membutuhkan skill koding tinggi seperti kalau kita membuat website secara custom. Cukup kita menginstall qTranslate di blog wordpress dan lakukan setting untuk menambahkan bahasa indonesia dan bahasa inggris di blog kita.

langkah-langkah membuat blog dua bahasa

langkah pertama kita install dulu plugin qtranslate, Anda bisa download di wordpress plugin atau Anda install langsung dari halaman Admin blog Anda.

Setelah di install, kita akan menambahkan bahasa indonesia di menu setting > languages. secara default plugin qtranslate ini mengaktifkan 3 bahasa : English, Deutsch, ??.

Pada halaman Setting > languages kita disable dulu bahasa Deutsch dan ??.

Selanjutnya kita tambahkan bahasa indonesia pada form Add language. buatlah seperti gambar dibawah ini sebagai contoh.

Baca Juga:  Gathering : WordPress 10th Anniversary Worldwide Meetup Day Jakarta

Setelah itu tinggal Save Changes.

Sekarang pada Blog Anda sudah ada Bahasa Indonesia dan English. Untuk menggunakan dua bahasa ini kita coba untuk Add Post.

Tambahkan tombol bahasa

Sekarang kita tambahkan tombol switch bahasa yang berisi bendera indonesia dan inggris. Kita tinggal sisipkan kode berikut pada template file theme Anda.

<?php echo qtrans_generateLanguageSelectCode('image'); ?>

Kemudian untuk lebih merapikan tampilan, tambahkan kode CSS pada style.css

.qtrans_language_chooser { list-style-type:none; }
.qtrans_language_chooser li { float : left; margin: 0 5px; }

Untuk CSS diatas itu bisa Anda modifikasi lagi agar sesuai dengan theme Anda.

Setting URL Modification Mode

Pada URL Modification Mode, Anda bisa memilih motode URL seperti apa yang ingin Anda gunakan untuk dua bahasa ini : Use Query Mode (?lang=en) atau (Default, puts /en/ in front of URL) atau (uses http://en.yoursite.com). saya disini menggunakan yang no 2.

Mudah bukan! 🙂

Komentar

comments

zulsdesign

Seorang Web Designer, Web Developer, Wordpress Development dan independen Blogger. Spesialisasi Personal Branding. Selalu haus akan ilmu tentang perkembangan dunia Web Design, Social Media, Online Marketing. Kadang-kadang juga berprofesi sebagai konsultan Website dadakan :)

grain storage instagram türk takipçi satın al