Interview : Anggi Krisna dari @Tokokoo

Pada kesempatan kali ini saya akan mewawancarai seseorang founder dari Tokokoo. dia adalah Anggi Krisna @anggikrisna. Semoga bisa memberikan inspirasi bagi anda yang mau terjun dalam bisnis jualan Theme WordPress atau sejenisnya 🙂

Halo Mas Anggi apa kabar?
Alhamdulillah, (sejauh ini selalu) baik..

Saya mengenal anda sebagai founder dari iCreativeLabs & juga @Tokokoo, tapi sekarang saya ingin bertanya tentang @Tokokoo. Coba ceritakan apa itu tokokoo?
Tokokoo adalah pembuat WordPress theme yang berfokus di bidang e-commerce. Semua themes di sini 100% asli buatan orang Indonesia.

Tokokoo | Premium WordPress eCommerce Themes

Tokokoo | Premium WordPress eCommerce Themes

Fokus tokokoo adalah dalam menyediakan desain theme wordpress khusus untuk jualan/ecommerce. kenapa?
Sebab, WordPress e-commerce itu seperti blue ocean, belum terjamah. Masih sedikit pihak yang menggarap bidang WordPress e-commerce theme.

Kalau boleh tahu, apa latar belakang Anda? Sehingga bisa mendirikan sebuah perusahaan yang fokus pengembangan Theme WordPress?
Latar belakang saya adalah lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB, hahaha. Memilih fokus pengembangan WordPress themes karena ada yang mau membayarkan jerih payah kami saja. Berhubung yang kami jual adalah themes, satu kali proses pembuatan pun bisa menghasilkan ratusan transaksi. Ibaratnya, sekali tanam tapi panen terus (passive income).

Pangsa pasar yang paling besar tentu pasar luar negeri, seperti Amerika & Eropa, bagaimana dengan Asia? Indonesia?
Benar sekali, mayoritas pembeli berasal dari Amerika dan Eropa karena mereka sudah melek teknologi. Dari Asia pun lumayan banyak, diantaranya dari Jepang dan Singapura.

Adakah pembeli dari Indonesia? Hehe..
Sejauh ini, 98% pelanggan kita adalah orang luar negeri. Hanya sekitar 2% yang orang Indonesia. Tapi makin ke sini mulai banyak pembeli baru berdatangan dari Indonesia.

Apa theme wordpress pertama yang dibuat @tokokoo?
AppCloud. Setelah rilis AppCloud membawa banyak respon positif, nggak disangka kami bisa nampang di SmashingMagazine. Alhasil, sedikit demi sedikit nama Tokokoo mulai ‘terdengar’.

Berapa banyak Themes yang dihasilkan oleh tokokoo sampai sekarang?
Sejauh ini ada 12 themes yang nangkring di galeri. Uniknya themes kami adalah segmentasi untuk tiap industri seperti: musik, furnitur, aplikasi, penerbitan, dll. Untuk lebih lengkapnya bisa lihat http://tokokoo.com/tokokoo-themes/.

Baca Juga:  Menampilkan Post Content WordPress dengan 2 jenis layout berbeda

Themes WordPress yang banyak dijual kan Premium, Apa ada yang Free?
Yup, kami menyediakan versi Lite untuk beberapa themes, bisa dilihat di http://tokokoo.com/tokokoo-themes-free/. Beberapa waktu lalu kami bahkan meluncurkan BuySell free WordPress e-commerce theme (http://tokokoo.com/portfolio/buysell/) yang diprakarsai dari kerja sama dengan GetShopped.

BuySell Theme

Apakah @tokokoo juga melayani Support untuk Themes yang dijualnya? Coba ceritakan kenapa lebih memilih menjual Themes WordPress sendiri ketimbang menjualnya di Themeforest & sejenisnya?
Ya, pembeli themes kami bisa menyampaikan pertanyaan dan keluhan seputar themes ke fasilitas support ticket yang akan direspon langsung oleh developer kami pada jam kerja.

Kenapa nggak jualan di Themeforest? Sebab, awalnya memang saya sudah jualan sendiri. Kalau berjualan di marketplace harganya bisa beda jauh. 🙂

Tapi buat newbie, saran saya lebih baik berjualan di marketplace. The real world sangatlah kejam. *bercanda* *tapi serius*

Menurut Anda Themes yang bagus itu seperti apa? Apa dari segi desain atau dari segi fungsinya?
Themes yang bagus itu yang dibutuhkan oleh user-nya. Buat apa desain keren tetapi tidak menyelesaikan masalah yang dihadapi user? Desain menjadi nomor sekian, toh saat ini sudah semakin banyak orang yang jago desain.

Persaingan penjual Themes WordPress sekarang ini kan ketat, peluangnya bagaimana?
Peluangnya memang semakin berat untuk ditemukan. Jadi, pandai-pandailah mencari ceruk pasar (market niche) baru.

Bisa kasih masukan buat teman-teman @belajar_web yang ingin berjualan theme wordpress seperti @tokokoo?
Sering-seringlah meneliti pasar, baik dari segi user maupun provider. Cari apa yang mereka mau, dan sediakan. Jangan selalu menjadi follower. Saat ini, ada baiknya mencoba di marketplace untuk meminimalisasi cost.

Terakhir, Apa rencana @tokokoo kedepan?
Kita ingin menjadi one-stop e-commerce solution untuk kancah nasional dan internasional. Sekiranya berkenan, minta doanya, ya.

Terima Kasih Mas Anggi atas waktunya, semoga @tokokoo bisa sukses dan mengharumkan nama indonesia di panggung themes dunia 🙂

Gambar : http://sunaryohadi.tumblr.com

Komentar

comments

zulsdesign

Seorang Web Designer, Web Developer, Wordpress Development dan independen Blogger. Spesialisasi Personal Branding. Selalu haus akan ilmu tentang perkembangan dunia Web Design, Social Media, Online Marketing. Kadang-kadang juga berprofesi sebagai konsultan Website dadakan :)

grain storage instagram türk takipçi satın al