Backup WordPress ke Dropbox

Selama ini kita sangat kesulitan dalam membuat backup website wordpress kita, harus punya pengetahuan ekstra untuk melakukan backup atau memakai jasa penyedia hosting untuk melakukan backup tersebut, tapi banyak juga para penyedia hosting tersebut tidak memasukkan backup pada pelayanannya, biasanya kita ditarik bayaran untuk backup ini.

Pernahkah Anda dibuat pusing karena website Anda di hack orang, dan ketika tanya ke penyedia hosting apakah bisa website itu dikembalikan seperti semula? mereka jawab “sudah tidak bisa mas, backupnya tidak ada”. ya, saya sendiri pernah mengalami itu semua, terpaksa kita harus menulis dari awal lagi.

Sekarang masalah backup ini bisa kita handle sendiri, dengan cara yang mudah dan tidak harus memiliki kemampuan menguasai software hosting.

WordPress Backup to Dropbox Adalah sebuah Plugin WordPress yang memungkinkan kita untuk mem-backup & menyimpan data dari website kita ke Dropbox. Sebelumnya bagi yang belum tahu apa itu Dropbox silakan untuk membaca postingan saya sebelumnya Dropbox, Media Penyimpanan Gratis dimana saja

Baca Juga:  Menampilkan Jumlah Subscribers di Website Anda

Langkah-langkah backup ke Dropbox

Install Plugin WordPress Backup to Dropbox dengan klik menu Plugins -> Add New. Masukkan “WordPress Backup to Dropbox” di pencarian plugin, kemudian klik tombol “Search Plugins”

Install & aktifkan plugin tersebut.

Setelah proses instalasi selesai, plugin ini ada ada dibawah menu Settings -> Backup to Dropbox.

Klik Authorize & akan membukan jendela baru untuk sinkronize dengan akun Dropbox, kita diminta login dahulu. Setelah kita login, kita kembali ke halaman Backup to Dropbox tadi. Tombol Authorize sudah berubah menjadi tombol Continue. Klik Kontinue.

Jika terjadi kesalahan maka proses Authorize belum berhasil, jika Authorize sudah berhasil, maka akan tampak seperti gambar dibawah ini

Klik Allow untuk menginjinkan WordPress terhubung dengan Dropbox. Setelah sukses maka tampilan akan seperti

Proses backup bisa diatur apakah akan harian, mingguan atau bulanan.

Selamat mencoba 😉

Komentar

comments

zulsdesign

Seorang Web Designer, Web Developer, Wordpress Development dan independen Blogger. Spesialisasi Personal Branding. Selalu haus akan ilmu tentang perkembangan dunia Web Design, Social Media, Online Marketing. Kadang-kadang juga berprofesi sebagai konsultan Website dadakan :)

grain storage instagram türk takipçi satın al