5 Ekstensi Chrome, Untuk Eksplorasi Bootstrap

Dokumentasi yang baik dan penggunaan yang mudah, membuat toolkit Bootstrap dari Twitter menjadi cepat populer. Kehadirannya, menjadi semacam senjata ampuh untuk web developers yang tidak begitu fasih untuk mempercantik interface web. Jika anda pengguna atau berencana menggunakan Bootstrap, berikut beberapa ekstensi Google Chrome yang dirasa efektif untuk mengeksplorasi toolkit ini.

[related_posts]

boostrap-offline-docs

Untuk pemula seperti saya, dokumentasi Bootstrap menjadi page yang wajib dibuka. Ekstensi ini, memungkinkan Anda mengakses dokumentasi Bootstrap secara offline. Jika sudah terinstall pada chrome Anda, dokumentasi dapat diakses dengan melakukan klik pada ikon di toolbar sisi kanan atas.

Selain akses melalui toolbar, Anda dapat mengakses setiap bagian dari dokumentasi melalui omnibox/addres bar dengan mengetikan keyword bt lalu tekan tab pada keyboard, selanjutnya ketik help untuk melihat kata kunci apa saja yang bisa dipakai sebagai shortcut. Pada halaman option, Anda dapat menambahkan kata kunci sesuai keinginan Anda yang nanti akan digunakan sebagai shortcut untuk mengakses setiap bagian dari halaman dokumentasi.

Contoh jika anda ingin melihat dokumentasi tentang tombol pada Boostrap, Anda hanya perlu mengetikan bt button pada omnibox dan anda akan otomatis diarahkan ke bagian tersebut.


boostrap-visual-colors

Ekstensi ini, bisa anda gunakan ketika mengakses dokumentasi Bootstrap(secara online) pada halaman Customize. Jika ekstensi ini sudah enabled pada chrome Anda, maka anda akan menemui label untuk variabel yang mewakli nilai warna akan berubah warna sesuai dengan kode hex (seperti #FFF) yang dipilih. Jadi ketika  anda mengubah nilai variabel warna, kita akan langsung tahu apa warna yang kita pilih.

Baca Juga:  Hologram Social Media Pack

Bootstrap On

Bisa dibilang, ekstensi ini adalah yang paling fun karena dengan ekstensi ini semua halaman web bisa disulap menjadi seperti Bootstrap. Hanya dengan satu kali klik. Boom.. Semua berubah! 😀 Tapi karena tidak semua web mempunyai struktur markup yang ‘bootstrapable’, jadi tidak semua web bisa optimal di sulap menjadi seperti Bootstrap.


JSON to Bootstrap table

Dengan ekstensi ini, Anda akan dengan mudah melakukan konversi bentuk raw JSON menjadi lebih readable dengan bentuk html tabel. Hanya dengan memasukan link dari sumber data JSON Anda dan klik tombol Get, maka hasil tabel akan muncul di dalam popup ekstensi. Ekstensi ini akan sangat berguna untuk melakukan analisa ketika  sedang mempelajari API yang memberikan respon dalam bentuk JSON.


Grit Bootstrap

Ekstensi ini, akan menampilkan semacam grid pada jenis layout fluid dan non-fluid pada halaman Bootstrap. Untuk saya yang tidak terlalu paham mengenai konsep grid, saya hanya tau jika ekstensi ini hanya akan menampilkan grid. 😀

Kelima ekstensi diatas, patut dicoba untuk menambah kemudahan dalam eksplorasi Bootsrap. Silahkan klik pada judul ekstensi untuk ke menuju ke halaman masing-masing ekstensi.

Komentar

comments

Titis Kaifa

Mahasiswa Manajemen Informatika dan menjadi Web Developer di salah satu konsultan Informasi Teknologi di Bandung.

grain storage instagram türk takipçi satın al