Membandingkan Nilai Kembalian dengan Operator ‘===’

Selama ini mungkin jika kita sedang membangun web PHP, kita menggunakan operator ‘==’ untuk membandingkan. Namun ternyata ada kalanya kita berhati-hati dan menggunakan operator ‘===’. Kenapa? mari kita bahas.

[related_posts]

Perhatikan code PHP berikut ini,


<?php
 $str = "makan siang dengan teman";
 $cari = "makan";

 if(strpos($str, $cari) == false){
 echo "kata yang anda cari tidak ada!";
 }else{
 echo "kata yang anda cari ada!";
 }
?>

Potongan kode tersebut simple,  saya ingin mencari kata “makan” di kalimat “makan siang dengan teman”. Jika ternyata kata “makan” tidak ada di dalam kalimat tersebut, program akan menampilkan “kata yang anda cari tidak ada!” dan sebaliknya, jika ternyata kata yang di cari ada dalam kalimat, maka program akan menampilkan “kata yang anda cari ada!”.

Baca Juga:  Mysql, pilih MyISAM atau InnoDB ?

Baiklah, sampai ini nampaknya semua baik-baik saja, namun coba kita jalankan di localhost. Lihat, apa hasilnya?

kata yang anda cari tidak ada!

Kenapa bisa begitu? Ternyata hasil kembalian dari potongan code ini


strpos($str, $cari)

adalah 0, dimana 0 adalah urutan kata “makan” pada kalimat “makan siang dengan teman”. Hal ini seolah-olah bernilai FALSE dan apa bila di bandingkan seperti ini,


if(strpos($str, $cari) == false)

maka jelas saja akan menghasilkan TRUE dan akan menampilkan hasil bahwa kata yang di cari tidak ada. Solusinya adalah dengan mengganti operator ‘==’ dengan ‘===’. Kita coba lihat apa hasilnya.

Taaarrraaa!! Hasil akhirnya sesuai, bukan?

Komentar

comments

Jogi Silalahi

My passion is about Web Technology. Love to designing architecture, building, maintaining web application. Daily works as freelancer and handle server side programming. Sometimes i like to photography, music and traveling.

grain storage instagram türk takipçi satın al