Belajar Object Oriented Programming (OOP) PHP

Pemrograman Berbasis Objek atau Object Oriented Programming

 (OOP) adalah sebuah tata cara pembuatan program (programming paradigm) dengan menggunakan konsep “objek” yang memiliki data (atribut yang menjelaskan tentang objek) dan prosedur (function) yang dikenal dengan method. (http://en.wikipedia.org/wiki/Object-oriented_programming).

OOP adalah konsep pembuatan program dengan memecah permasalahan program dengan menggunakan objekObjek dapat diumpamakan dengan ‘fungsi khusus’ yang bisa berdiri sendiri.

Fungsi Pemrograman Berbasis Objek dalam PHP

PHP bukan bahasa pemrograman yang ‘murni’ berbasis objek seperti Java. Bahkan, konsep OOPdalam PHP baru hadir dalam PHP versi 4, dan disempurnakan oleh PHP versi 5. Dengan kata lain,OOP di PHP merupakan ‘fitur tambahan’. Anda bisa membuat situs web dengan PHP tanpa menggunakan objek sama sekali.

Baca Juga:  Infografis : Anatomi web designer

OOP adalah salah satu makanan wajib. Pembuatan website modern saat ini akan lebih mudah jika menggunakan template kode program yang dikenal dengan framework. Daripada kita membuat situs mulai dari awal, menggunakan framework akan mempercepat proses kerja. Dan, framework PHP hampir semuanya dibuat menggunakan OOP.

Komentar

comments

grain storage instagram türk takipçi satın al