Portofolio Berbicara Lebih dari seribu kata

Awal mula bergelut di dunia freelance seorang teman saya bercerita betapa sulitnya untuk mendapatkan klien. Dalam waktu satu tahun ia hanya mendapatkan beberapa project yang itupun terpaksa ia lakukan karena memang cuma itulah project yang berhasil ia dapatkan. Padahal, menurutnya ia rajin sekali mencari job di beberapa freelance market seperti oDesk, eLance dsb. Bahkan ia telah mempublikasikan artikel dengan panjang lebar di website miliknya. So, whats wrong?

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan oleh seorang freelancer dalam mendapatkan klien

Perhatikan target market yang kita tuju, kalau memang target kita adalah para business man, eksekutif dan profesi sibuk lainnya, sangatlah kecil kemungkinan mereka akan membaca  artikel tentang  jasa yang kita tawarkan. Mereka memiliki waktu yang sangat terbatas, tidak mau tahu menahu secara teknis tentang jasa yang kita tawarkan, yang mereka inginkan hanyalah project selesai tepat waktunya. Sehingga merekapun memiliki waktu yang sangat terbatas untuk memutuskan untuk meng-hire kita atau tidak. Jika kita terlalu bertele-tele menawarkan jasa kita, bersiaplah untuk melihat calon klien memilih orang lain untuk menyelesaikan project-nya.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Fitur Post Thumbnail Images di WordPress

Salah satu cara untuk bersikap to the point pada calon klien adalah secara langsung memperlihatkan portofolio yang telah kita buat. Dengan begitu, mereka bisa dengan cepat memutuskan apakah menurut mereka hasil karya kita bagus atau tidak, dan apakah mereka mau meng-hire atau tidak.

Selain itu, portofolio yang bagus juga mampu meyakinkan klien tentang kualitas karya yang kita buat. Coba bayangkan seandainya kita adalah seorang staff marketing yang sedang mencari seorang desainer untuk mempercantik tampilan web perusahaan.

Kemudian kita mencari di internet  beberapa jasa web design. Singkat cerita ditemukanlah beberapa website penyedia jasa web design yang kita inginkan, beberapa diantaranya menampilkan beberapa portofolio hasil karya sebelumnya dan beberapa diantaranya hanya menampilkan tulisan berupa paragraf yang menerangkan bahwa  “Web Design Studio Kami adalah blah..blah.. blah.. blah…”. Jasa mana yang akan anda pilih??  Kebanyakan rekan yang saya tanya mengenai hal ini lebih memilih jasa yang menampilkan portofolio-nya. So, tunggu apalagi tampilkan portofolio terbaikmu!! ^_^

Komentar

comments

Edi Kurniawan Asep

Web programmer yang biasa-biasa saja, IT Consultant yang biasa-biasa saja.

grain storage instagram türk takipçi satın al