Menjajaki peluang sebagai Web Developer

Profit sebagai Web Developer lebih besar daripada desain cetak atau jasa IT (lainnya). Yang saya maksut Web Developer adalah Sebagai pengembang dan perancang situs web dan Tugas seorang Web Developer yang utama yaitu membuatkan situs web atas kebutuhan klien. So, klien boleh sesuka hatinya untuk merequest mulai dari header sampai footer mau seperti apa desainnya dan bagaimana keinginan si klien tersebut. Yeah pekerjaan Web Developer meliputi desain web dan pemrogramannya. Ada pula yang dilengkapi dengan hosting, nama domain, pengadaan server dan bahkan ada pula yang sampai dengan promosi. Tidak menutup kemungkinan untuk merambah ke (pemasaran) jasa lain

Internet adalah Jembatan bagi para pembelajar otodidak yang ‘ingin’ menjadi Profesional IT. Kenapa saya berani bilang seperti itu, Karena kita cukup dengan googling dengan membidik keyword yang sedang kita butuhkan dan wouw sudah ada ribuan tuts yang akan muncul dan tinggal kita saja memilah dan memilih mau menggunakan tuts yang mana. Kendala dengan bahasa asing, manfaatkanlah google translate.

Lalu bagaimana kalau kita gaptek dengan pemrograman, lantaran basic kita bukan pada di IT (lebih spesifiknya ; Pemrograman)? No Problem, karena cukup bertanya di google, percayalah Google pasti akan memberikan solusi yang cocok dengan kebutuhan tutorial yang sedang anda cari. Google is Best Teacher

Tips : Modal untuk menjadi Freelancer Web Developer

  • 1. Buatlah web pribadi yang menarik untuk menunjukan keterampilannya.
  • 2. Cantumkan portofolio, karena portofolio akan menunjukan kemampuan seseorang.
  • 3. Harus menguasai : Skill dalam grafis dan membuat program.
  • 4. Ikut suatu komunitas IT, untuk menambah wawasan trend sekaligus ajang sharing online/offline.
  • 5. Buat iklan di situs gratis.
  • 6. Tepati jadwal dengan klien, kalau molor semuanya jadi mundur; Pembayaran mundur sedangkan biaya operasional tidak bisa mundur. lebih cepat lebih baik.
  • 7. Harus berhemat keuangan, Prioritaskan pada komputer (Software dan Hardware).
  • 8. Asah keterampilan, agar klien berminat. Manfaatkan koneksi dan relasi yang ada. Misal ; tawarkan website ke saudara atau teman-teman dengan harga yang menarik.
  • 9. Memahami bahasa inggris minimal tulisan karena internet umumnya berbahasa inggris.
  • 10. Berani melakukan kontak dengan orang luar negeri untuk mendapatkan peluang.
  • 11. Perhatikan >DP</abbr diperlukan untuk kepentingan modal kerja.
  • 12. Manfaatkan google untuk alat bantu dalam menggali ide.
  • 13. Harus mendapatkan, memperhatikan, memahami dan mendatangkan kontrak kerja sebelum melakukan pekerjaan. Karena tanpa kontrak kerja posisi Freelancer lemah. Bila terjadi hal yang tidak diinginkan, misal tidak dibayar atau ditipu maka freelancer tidak dapat menuntut karena kurang cukup bukti dan pelajari masalah pajak untuk freelancer.
  • 14. Memiliki komputer minimal RAM 1 giga.
  • 15. Software yang mendukung, semisal Adobe Photoshop, Notepad++, dsb.
  • 16. Harus punya koneksi internet, untuk keperluan upload file, browsing trend, sharism dengan komunitas (dengan demikian akan meminimalisir biaya operasional)
  • 17. Harus menguasai materi pemrograman, semisal PHP atau ASP dan untuk Database harus menguasai MySQl.

Kekurangan dari freelancer tersebut adalah terletak pada gaji. Yeah mungkin bulan pertama (kita) tidak dapat proyek, dan bulan keduanya dapat proyek, namun proyek dibulan kedua tersebut, mampu menopang untuk hidup 3 bulan. Dengan catatan jika sudah menjadi Profesional Web Developer. Pengin tahu penghasilan seorang Profesional Web Developer dengan satu proyek yaitu kurang lebih mampu menopang hidup selama dua sampai tiga bulan. Lalu bagaimana dengan pemula web developer?

Untuk yang pemula sebenarnya jangan pasang tarif yang terlalu besar coba pertimbangkan dengan skill yang anda miliki. Tips utama saya adalah kesabaran. Jangan ragu untuk membanting harga pada masa awal karena belum memliki ‘nama’, agar tidak menganggur.
Software dan plugin apa saja yang sudah anda kuasai? Karena kualitas pada web developer terletak pada skill dan penguasaan software disamping pengalaman dibidang itu.

Komentar

comments

Baca Juga:  Klien, Desainer, dan Hubungannya

DJputri

Mahasisiwi IT, Social Media Junker

grain storage instagram türk takipçi satın al