Klien, Desainer, dan Hubungannya

Beberapa saat yang lalu, saya ketemu beberapa teman lama yang bekerja sebagai freelancer dan kita ngobrol. Saya dengar cerita dia mengenai klien dia yang menyebalkan dan tidak menghargai dia. Apakah kalian pernah mendapat klien sejenis? Banyak kasus dimana desainer harus menuruti permintaan klien dan sepertinya kita tidak punya ‘hak’ untuk mengutarakan apa yang ada di benak kita. Menyakitkan bukan?

Menurut kalian hubungan desainer dengan klien itu bentuknya hirarkikal (ada atasan dan bawahan) atau sebuah hubungan sejajar dimana ada simbiosis mutualisme (saling menguntungkan)? Jawabannya, tidak selalu pasti. Kalau kalian bekerja di dalam kantor tentu kalian punya atasan. Tapi kalau kalian bekerja sebagai freelancer? Atasannya yah diri kalian sendiri. Lalu klien itu posisinya dimana? Atasan atau rekan bisnis? Kalau rekan bisnis itu harus saling menghargai dan punya kesamaan hak dalam kebebasan berpendapat apa yang ingin disampaikan demi kemajuan suatu projek, betul? Lalu mengapa banyak desainer yang sering ditekan?

Itu adalah jawaban yang harus kalian jawab sendiri. Apakah kalian selama ini telah berjuang untuk hak kalian atau hanya bisa berdiam diri yang penting uang masuk ke dalam account bank? Ingat, para direktur itu boleh saja berbangga ria dengan apa yang mereka miliki seperti jabatan, baju yang keren, mobil yang canggih dan segala gadget yang mereka punya. Desainer pun punya hal yang bisa kita banggakan dan tidak perlu merasa rendah diri. Kita punya segala kekayaan intelektual mengenai pengetahuan visual dan itu yang mereka tidak punya maka itu mereka menggunakan jasa kita.

Baca Juga:  Menjajaki peluang sebagai Web Developer

Kesimpulannya, diri kalian sendiri yang bisa menentukan dimana posisi kalian. Ingat, walau kalian merasa ‘apaan sih loe? Ya suka-suka gue mo gimana’, tapi hal ini akan mempengaruhi persepsi orang-orang terhadap freelance desainer. Masyarakat tidak hanya akan melihat kalian ‘murah’, tapi ia pun akan mempunyai persepsi kalau desainer adalah pekerjaan enteng dan dianggap remeh.

Untuk itu, berikutnya, tentukan posisimu yang benar karena tidak hanya itu mempengaruhi reputasi kalian, tapi juga reputasi desainer lainnya.

Komentar

comments

Steven Lee

A freelance graphic designer, graduated in 2008 from UPH majoring in Visual Communication Design. Specialize in branding, and been playing with the web since Microsoft Front Page was still dominating. Currently pursuing career in retail and wholesale trading and still continue to develop his passion in the creative industry.

grain storage instagram türk takipçi satın al