Menjadi Seorang Webdesigner Handal

Banyak orang beranggapan menjadi seorang web designer itu mudah, hanya bermodalkan bisa mendesain di photoshop dan bisa sedikit HTML sudah bisa melenggang menjadi seorang webdesigner 🙂 sebenarnya tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Tapi yang ingin saya tekankan disini adalah bagaimana caranya agar menjadi seorang webdesigner handal dan disegani *halah

Banyak langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mejadi seorang webdesigner, seperti layaknya kera sakti yang banyak cobaan dan godaan ketika pergi kebarat mengambil kitab suci 😀 begitupun jika memilih menjadi seorang webdesigner. Banyak pertanyaan yang mampir ke saya “bagaimana sih untuk menjadi seorang webdesigner?” apakah harus bisa desain? apakah harus bisa photoshop? apakah harus bisa coding? dll.

Nah dari pengalaman yang saya jalani selama ini ada beberapa langkah yang harus Anda lalui untuk menjadi seorang webdesigner.

Niat!

Anda harus punya niat yang ikhlas untuk menjadi seorang webdesigner, jangan setengah-setengah 😀 dalam artian Anda sudah punya tekat yang kuat.

Olah gambar

Dalam tahap ini Anda harus belajar menggunakan software untuk membuat desain, seperti Photoshop, Illustrator, fireworks dan sebagainya, ya mungkin bisa dimulai dengan membuat lingkaran 😀 maksudnya cari tutorial-tutorial yang berhubungan dengan webdesain, seperti bagaimana membuat text yang bisa kelihatan 3D dan lain sebagainya.

Inspirasi

Dalam hal ini Anda dituntut untuk mencari inspirasi untuk mengasah imajinasi Anda, lihatlah contoh-contoh tampilan website yang keren misalnya http://zulsdesign.com 😛 lihat secara “detail” maksudnya lihat setiap elemen-elemen yang ada diwebsite tsb secara teliti dan men-detail Biasanya untuk para pemula melihat detail ini tidak dihiraukan, baiklah saya kasih ilustrasi gambar cara melihat detail ini :

Anda lihat gambar diatas bagaimana bentuk elemen yang bagus sama yang jelek 😀

Baca Juga:  10 Webdesign Inspiration #1

Baca buku tentang webdesain, banyak buku-buku tentang webdesain ditoko buku kesayangan Anda atau jika mau materi yang bagus saya rekomendasikan buku dari sitepoint.com atau smashingmagazine.com

XHTML, CSS, Javascript

Pelajari yang namanya HTML, CSS, dan Javascript (WAJIB!!!) yup sebenarnya ini adalah titik penting untuk menjadi seorang webdesigner. karena menurut saya seorang webdesigner itu adalah yang bisa membuat desain diphotoshop dan merubahnya ke bentuk HTML/CSS, kalau cuma bisa desain di photoshop aja mah bukan seorang webdesigner, tapi seorang grafik desainer 😀

Nah, kemampuan dalam XHTML, CSS dan Javascript ini usahakan sangat-sangat-sangat menguasai, kan repot misalkan seorang webdesainer dibuat kelabakan karena desain yang dia buat amburadul jika dilihat di IE6 dan tidak bisa memperbaikinya 😀

IE6 masih menjadi sahabat setia seorang webdesigner. LOL!

Usahakan Anda mengoleksi tutorial-tutorial tentang XHTML, CSS dan Javascript.

Koding

ini hanya opsi saja kok, tapi agak penting juga, ya harus mengerti sedikit lah bagaimana kode bahasa pemprograman itu bekerja.

Yup! begitulah cerita bagaimana menjadi seorang webdesigner, jika ada yang kurang, harap tambahkan di komentar 🙂

Komentar

comments

zulsdesign

Seorang Web Designer, Web Developer, Wordpress Development dan independen Blogger. Spesialisasi Personal Branding. Selalu haus akan ilmu tentang perkembangan dunia Web Design, Social Media, Online Marketing. Kadang-kadang juga berprofesi sebagai konsultan Website dadakan :)

grain storage instagram türk takipçi satın al