17 Macam JavaScript Frameworks

JavaScript Frameworks ini memudahkan kita untuk pengembangan web/aplikasi berbasis javascript terutama untuk AJAX. JavaScript Frameworks belakangan ini sangat populer dikalangan webdesigner ataupun webdeveloper, para developer banyak menggunakan framework ini dalam proyeknya, salah satu yang paling banyak digunakan adalah jQuery dan saya sendiripun menggunakan jQuery ini.

Perkambangan sekarang ini banyak sekali javascript frameworks yang bermunculan bisa puluhan atau mungkin ratusan, JavaScript sendiri pertama kali dikembangkan oleh Netscape dan selanjutnya Mozilla juga ikut mengembangkan. sepanjang pengetahuan saya dulu javascript sudah banyak ditinggalkan, baru pada era web 2.0 ini javascript kembali menjadi pilihan para developer, javascript digabungkan dengan XML menghasilkan AJAX (Asynchronous JavaScript and XML) lebih interaktif dan bisa menghubungi server dengan proses dibelakang layar (dalam artian proses tersebut tidak membuat halaman berubah, eh tahu-tahu proses menghubungi server sudah selesai dan otomatis tampil tanpa me-refresh halaman) begitulah kira-kira.

Baca Juga:  W3C Memperkenalkan Logo HTML 5

Nah, bagi yang belum tahu macam-macam javascript framework itu apa saja, mari saya kasih tahu 🙂

jQuery

MooTools

Prototype & script.aculo.us

YUI

Midori

Ext JS

Google Web Toolkit

DHTMLX

Dojo Toolkit

Echo3 (Beta)

MochiKit

Pyjamas

SweetDEV RIA

SmartClient

Rialto

qooxdoo

ZK

Silahkan dipilih mau belajar yang mana 🙂

Komentar

comments

zulsdesign

Seorang Web Designer, Web Developer, Wordpress Development dan independen Blogger. Spesialisasi Personal Branding. Selalu haus akan ilmu tentang perkembangan dunia Web Design, Social Media, Online Marketing. Kadang-kadang juga berprofesi sebagai konsultan Website dadakan :)

grain storage instagram türk takipçi satın al