Interview : Mohammad Jeprie founder @desaindigital

Pada kesempatan kali ini saya akan mewawancarai seorang penulis buku desain yaitu Mohammad Jeprie. Anda bisa follow akun twitternya di @desaindigital Jeprie juga seorang penulis profesional yang beberapa tulisan tutorialnya sudah dimuat di berbagai website ternama seperti Tutsplus.com (Psdtuts+ & Vectortuts+), Design Instruct, 1stwebdesigner dan banyak lagi.

Oke mari kita simak wawancara saya bersama Mas jeprie.

Hallo Mas Jeprie, apa kabar? Coba perkenalkan diri Anda ke pembaca @belajar_web.

Hai! Saya menganggap diri sendiri sebagai penulis. Saya saat ini tidak memiliki pekerjaan tetap dan sering kali menyamarkan status pengangguran saya dengan menyebutnya pekerja freelance. 😀

Lagi sibuk apa sekarang?

Hari ini, saya sedang mengedit naskah untuk buku Photoshop terbaru. Di samping itu, saya mempunyai jadwal untuk menulis di beberapa situs, mendesain beberapa mockup PSD gratis di Psdfreemium, dan mendesain mockup PSD premium.

PSDfremium & DesainDigital

Saya mengetahui Anda dari website Tutsplus+, waktu itu saya lagi baca tutorial dan melihat author (penulisnya) namanya kok indonesia banget, dan ternyata memang orang indonesia. Boleh tahu latar belakang Anda sehingga mahir dalam hal desain?

Sebetulnya saya sendiri heran jika dikatakan mahir mendesain. Yang saya lakukan hingga saat ini hanya meniru desain-desain yang telah ada kemudian sedikit memodifikasinya.

Saya sama sekali tidak memiliki latar desain atau seni. Terakhir, kuliah formal saya adalah jurusan Matematika dan itu pun tidak sampai selesai. Desain dan seni adalah bidang yang sangat baru bagi saya. Sejak kecil, saya bercita-cita menjadi seorang ilmuwan yang fokus meneliti teori asal muasal semesta dan menjadi orang pertama yang menemukan mesin waktu. Tapi, waktu membawa saya ke bidang ini. Walaupun bertolak belakang, latar pendidikan saya yang dipengaruhi science sangat membantu dalam logika mendesain.

Mengenai banyak tulisan tutorial Anda di website-website terkemuka itu, bagaimana Anda bisa menulis disana?

Saya tipe orang yang tidak memiliki rencana. Saya hanya menjalaninya begitu saja dan menangkap setiap kesempatan yang tersedia. Saya tidak pernah berkeinginan untuk menulis di situs-situs besar. Keinginan awal saya sederhana, berbagi pengetahuan. Saya memulainya dengan menulis tutorial-tutorial gratis di Desaindigital. Melihat respon pembaca cukup baik, saya kemudian mencoba menawarkan ke situs-situs luar yang memiliki jangkauan pembaca lebih luas. Setiap kesempatan membuka kesempatan lebih besar lagi. Salah satunya adalah muncul tawaran untuk menulis di situs-situs besar seperti Psdtuts+ dan Hongkiat.

Saya tidak bisa bicara banyak tentang cara memperoleh klien. Satu hal yang saya tahu adalah jika karya kita cukup bagus, entah dari mana datangnya, klien selalu ada.

Saya mendengar sih untuk menulis di website luar sana tidak mudah meskipun skill kita sudah bagus, bagaimana menurut Anda?

Sebetulnya tidak juga. Saya adalah salah satu contoh penulis dengan skill pas-pasan yang bisa dimuat di sana. Yang paling penting menurut saya adalah keberanian untuk menulis dan berbagi. Hanya dengan itu saja, biasanya para pembaca sudah menghargai niat baik Anda. Tentu saja skill memadai akan membuat Anda lebih menonjol.

Tool apa saja yang Anda pakai dalam membuat sebuah karya desain?

Kekuatan saya ada di Adobe Photoshop. Saya mempelajarinya sejak versi 5. Jadi, saya sangat terbiasa dengan cara kerjanya. Sebagai alat bantu, saya juga menggunakan Adobe Illustrator untuk menggambar vektor. Dalam menulis buku, saya menggunakan InDesign karena sangat efektif dalam pengaturan layoutnya.

Dalam mendesain, saya juga sangat bergantung dengan pen Wacom Bamboo. Wacom membantu dalam menghasilkan goresan brush yang alami di Photoshop dan mempermudah proses tracing vektor, selain itu mampu menghindarkan saya dari sindrom Carpal Tunnel. Setiap orang yang menggunakan komputer lebih dari 8 jam per hari harus memiliki Wacom!

Pertama kali Anda menulis tutorial desain tentang apa? Masih ingat? Dan di-publish di mana?

Saya pertama kali menulis tutorial Photoshop untuk buku di PT. Elex Media Komputindo. Buku pertama itu sesungguhnya dokumentasi belajar Photoshop saya. Isinya 100% contekan dari situs tutorial Photoshop lokal. Waktu itu, tanpa disadari saya telah melanggar semua kode etik seorang penulis. Saat ini, bukunya sudah hilang dan saya tidak mau melihatnya lagi. 😛

Baca Juga:  Code Igniter #1 : Memulai ....

Di internet, saya pertama kali menulis di situs gratis wordpress, masteringphotoshop.wordpress.com. Di sanalah saya pertama kali belajar ngeblog.

Tentu tidak mudah dalam menulis tutorial karena harus menulis sekaligus mendesain, Berapa lama Anda membuat tulisan tersebut?

Saya tidak pernah menulis sekaligus mendesain dan tidak ada seorang pun yang begitu. Proses yang benar adalah mendesain dahulu baru menulis. Ya, jelas tidak mudah. Saya tidak pernah menghitung waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk setiap tutorial. Biasanya saya mengerjakan tiga atau empat pekerjaan sekaligus. Dengan kondisi seperti ini, biasanya sebuah tutorial bisa selesai dalam 3 atau 4 minggu. Tapi, jika bisa fokus untuk projek tutorial itu saja, saya bisa menyelesaikannya dalam seminggu.

Sebagai seorang desainer, Anda tentu mempunyai idola dalam bidang tersebut, siapa? dan kenapa?

Saya lebih suka menyebut diri saya sebagai penulis yang membahas desain. Titel desainer rasanya terlalu tinggi buat saya.

Alex Beltechi, Constantin Potorac, Matt Kloskowski, Scott Kelby, dan Deke mcClelland adalah beberapa penulis Photoshop terbaik yang pernah saya temui. Saya berharap bisa melampaui mereka semua. Namun, setidaknya saya, Alex, Constantin, dan Matt sudah sama-sama jadi penulis di Psdtuts+.

Alex dan Constantin bisa mengajarkan banyak teknik hebat dalam setiap tutorialnya. Dari satu tutorial mereka, kita bisa belajar lebih banyak materi dari pada yang ada di satu karung buku-buku. Sementara Matt dan Scott bisa menjelaskan materi rumit dengan cara yang paling mudah.

Deke mcClelland itu spesial. Deke is just not Photoshop guru, he’s a Photoshop god. Anda bisa tertawa lepas hanya dengan membaca buku atau tutorial Photoshop-nya. Dia adalah satu-satunya penulis yang bisa membahas algoritma dan perhitungan di balik teknik rumit Photoshop semacam interpolasi pixel atau kompresi lossless dan membuat harimu tetap ceria.

Tipe karya bagaimana yang Anda suka?

Saat ini, saya menyukai setiap desain ikon dan interface yang perfect pixel.

Bisa kasih tahu apa saja karya-karya Anda yang paling spesial?

Tulisan saya yang paling berkesan adalah mendesain ikon TV retro. Itu adalah tulisan pertama saya untuk Psdtuts+. Saya pertama kali belajar teknik-teknik professional dari Psdtuts+ dan saya juga selalu memberikan referensi pada setiap orang (termasuk pembaca buku saya) untuk belajar lebih lanjut di sana. Persetujuan editor Psdtuts+, saat itu masih dipegang Sean Hodge, untuk tutorial ini saya peroleh via email jam 11 malam. Malam itu saya hampir tidak bisa tidur karena tidak sabar untuk memulai karir sebagai penulis Psdtuts+. Hingga saat ini, menulis untuk psdtuts selalu menjadi projek favorit saya.

Create a Detailed Vintage Television Icon in Photoshop

Beberapa tulisan Jeprie di TutsPlus+

Projek favorit saya yang lain adalah mendesain mockup untuk Steven Snell di Vandelaypremier. Sebelumnya, saya adalah salah satu penggemar artikel Steven di Freelanceswitch, Smashing Magazine, dan beberapa situs besar lain. Sangat menyenangkan bisa berkontribusi pada orang-orang yang secara tidak langsung telah menjadi guru kita.

Saya juga tahu Anda adalah penulis buku, sudah berapa buku yang Anda hasilkan?

Saya sudah tidak lagi menghitung jumlahnya. Seingat saya sudah lebih dari 15 buku.

Bisa didapatkan di mana? Barangkali pembaca @belajar_web ingin membelinya buat pembelajaran desain.

Semua buku-buku saya diterbitkan oleh PT. Elex Media Komputindo dan terdapat di toko-toko buku besar seperti Gramedia.

Bisa kasih saran kepada teman-teman @belajar_web agar bisa sukses seperti Anda?

No, ini masih in progress. Masih jauh untuk dikatakan sukses. Saran saya, setidaknya berjanjilah untuk menjadi seorang perfeksionis dan selalu menepati janji itu.

Terima kasih Mas Jeprie atas kesediaannya diwawancarai, semoga memberikan inspirasi dan semangat buat pembaca @belajar_web, kami tunggu karya-karya Anda 🙂

Sama-sama. Saya juga berterima kasih atas kesediaan @belajar_web berbagi skill dan informasi melalui situsnya.

Demikian interview saya dengan Mas Jeprie, semoga memberikan inspirasi & semangat untuk terus belajar!

Komentar

comments

zulsdesign

Seorang Web Designer, Web Developer, Wordpress Development dan independen Blogger. Spesialisasi Personal Branding. Selalu haus akan ilmu tentang perkembangan dunia Web Design, Social Media, Online Marketing. Kadang-kadang juga berprofesi sebagai konsultan Website dadakan :)

grain storage instagram türk takipçi satın al